Sakit Waktu Haid

Sakit waktu haid merupakan masalah umum yang terjadi pada setiap wanita yang mengalami menstruasi setiap bulannya. Sakit Waktu Haid yang dapat dibagi menjadi 2 golongan, yakni sakit haid sekunder dan primer.

Sakit Waktu Haid sekunder atau keluhan Sakit Waktu Haid yang baru muncul belekangan lebih banyak lagi penyebabnya. Biasanya paling sering sebab ada kelainan pada organ kandungan. Mungkin pernah ada riwayat sarang saluran telur (salpingitis) atau bisa juga sebab mengidap myoma uteri, ada endometriosis atau leher rahim yang menyempit.

Sakit Waktu Haid

Sakit Waktu Haid

Sakit Waktu Haid  sendiri bisa beragam. Mungkin sekadar melilit. Atau bisa lebih dari itu. Nyerinya luar biasa sampai berguling-guling dan berkeringat dingin. Nyerinya menjalar sampai ke paha dan bisa sampai ke pinggang. Adakalanya diseertai mual, muntah, nyeri kepala, mungkin mencret-mencret juga.

GEJALA GANGGUAN HAID

Rasa tegang selam haid

Rasa tegang selama haid tidak semua wanita mengalaminya. Biasanya pada mereka yang keseimbangan hormon tubuhnya timpang. Sering ditemui juga pada mereka yang punya masalah jiwa.

Selain jadi mudah gelisah, susah tidur, gampang tersinggung, rasa takut, depresi, sering nyeri kepala, perut kembung, bahkan bisa sampai mual dan muntah serta rasa tak nyaman di payudara. Rata-rata muncul 7-10 hari menjekang menstruasi. Berat badan biasanya agak naik sebab cairan tertahan di dalam tubuh. Kasus PMS yang tidak terlalu sulit perlu diterapi. Jika berat dan mengganggu, diberi obat penguras kencing, selain mungkin perlu obat penenang juga. Obat di berikan beberapa hari menjelang haid, sampai beberapa hari sepanjang haid.

Sebelum dan menjelang haid atau menstruasi umumnya wanita akan mengalami beberapa gejala atau tanda-tanda akan menstruasi. Sebagian besar wanita akan merasakan sakit hiad dapat terjadi menjelang atau selama haid pada bagian perut. Nyeri bisa sering disertai rasa mual, sakit kepala, bahkan ada yang juga ingin pingsan. keluhan-keluhan yang terjadi menjelang haid disebut sebagai sindrom pra menstruasi (PMS), misalnya perasaan mudah lela, mudah marah/menjadi sensitif, depersi, nyeri pada payudara.

TIPS MENGURANGI SAKIT HAID

Ada beberapa tips untuk mengurangi rasa Sakit Waktu Haid :

  1. Baringkan tubuh, kompres perut bagian bawah dengan botol berisi air hangat sehingga mampu merelaksasikan otot-otot perut dan mengurangi rasa sakit.
  2. Jika masih sanggup berdiri, anda bisa mandi dengan air hangat yang fungsinya sama dengan pengompresan, yaitu merelaksasi otot-otot dan mengurangi rasa sakit.
  3. Selama mengalami sakit haid, Anda bisa beristirahat dengan berbaring. Saat berbaring, coba tinggikan posisi kai dengan bantal.
  4. Selama sakit, jangan minum kopi, soda, alkohol atau minum yang dingin/es karena akan membuat perut semakin sakit. Anda bisa coba menguranginya dengan minum air putih hangat.
  5. Konsumsi makanan yang bergizi dan lakukan pola makan sehat.
  6. Konsultasi ke dokter jika dirasa penyakit semakin parah karena dikhawatirkan ada kelainan/penyakit lain.

Selain dengan melakukan cara mengatasi sakit haid diatas, perlunya pola hidup yang baik merupakan salah satu hal yang paling penting. Cara mengatasi sakit haid alami adalah :

  1. Memperhatikan pola makan Anda
    Perubahan yang terjadi pada pola makan bisa saja membantu meredakan sakit haid. Mengurangi makanan yang mengandung garam tinggi untuk membantu meringankan terjadinya pembengkakan, dan nyeri pada payudara serta mengurangi rasa sakit kepala. Kurangilah asupan minuman yang mengandung kafein untuk membantu mengurangi terjadinya gejala depresi dan kurang alkohol untuk membantu mengurangi depresi yang terjadi dan rasa sakit kepala serta mual. Minumlah air putih hangat karena air putih bisa membantu mengurangi nyeri, sakit kepala dan pembengkakan yang terjadi pada otot.
  2. Mengonsumsi vitamin
    Cara mengatasi sakit haid bisa dengan mengonsumsi vitamin D yang sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit akibat gangguan haid. Mengonsumsi jauh sebelum siklus haid datang. Dan minumlah kalsium dengan bersama-sama vitamin D karena vitamin D membantu untuk menyerap kalsium dengan lebih maksimal. Suplemen ini juga bisa membantu Anda untuk mengurangi gejala dari depresi dan kelelahan yang terjadi setelah nafsu makan hilang.
  3. Melakukan olahraga dengan teratur
    Dengan melakukan olahraga ringan secara teratur maka bisa membantu meringankan nyeri otot dibagian punggung dan juga perut bagian bawah. Dengan melakukan olahraga maka bisa membantu Anda mencegah terjadinya insomnia susah tidur akibat gangguan menstruasi. Olahraga merupakan salah satu pembangkit dari energi yang alammi sehingga akan membantu meringankan rasa lelah. Namun tetapi, tetaplah memastikan terlebih dahulu olahraga apa yang Anda lakukan. Lakukanlah olahraga yang ringan dan tidak berlebihan. Karena jika melakukan olahraga dengan berlebihan maka akan membuat keadaan menjadi semakin parah dan akan menimbulkan rasa pusing dan mual.
  4. Makan buah-buahan
    Buah-buahan mengandung vitamin B6 yang ada di dalam biji-bijian dan beranfaat untuk membantu mengurangi gejala PMS. Jangan makan makanan yang berbentuk olahan karena akan menyebabkan timbulnya keadaan menjadi semakin buruk.

Sakit Waktu Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Haid and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>