Sakit Nyeri Saat Haid

Sakit Nyeri Saat Haid – Haid normal umumnya tidak nyeri. Sakit nyeri saat haid bisa sejak menarche. Biasaya sebab faktor bawaan memang sudah begitu. Atau mungkin sebab faktor kejiawaan. Nyeri haid sering terjadi jika ada sumbatan aliran darah haid di leher rahim. Hal ini terjadi jika posisi rahim terlalu menekuk ke depan, ada tumor jinak myoma menutup pangkal leher rahim atau polip yang menghalangi kelurnya darah haid. Bisa juga jika ada gangguan hormonal. Nyeri sakit saat haid bisa juga baru muncul kemudian. Semula tidak nyeri, baru belakangan mendadak nyeri hai. Umumnya sebab kelainan di organ reproduksi, seperti radang saluran telur, adanya endometriosis (tumbuhnya lapisan rahim diluar rahim) atau ada tumor jinak indung telur.

Sakit Nyeri Saat Haid

Sakit Nyeri Saat Haid

Hal yang harus diperhatikan dari sakit haid yang dialami oleh wanita saat siklus haid menstruasi datang adalah derajat nyeri haid. Disaat menstruasi sedang berlangsung, maka biasanya wanita akan merasakan rasa nyeri di perut mereka. Tingkatan dari rasa nyeri yang berlangsung dari hari ke hari selama siklus haid sedang berlangsung. Artinya adalah jika haid di bulan sekarang merasakan nyeri dan dibulan selanjutnya Anda merasakan nyeri sakit haid menjadi semakin bertambah maka perlu diwaspdai bahwa ada suatu penyakit yang menyerang Anda. Kejadian ini biasanya disebut dengan endometriosis. Banyak wanita yang mengalami sakit endometriosis ini, khususnya adalah untuk mereka yang memasuki masa reproduksi. Mereka bukan hanya mengalami sakit haid saja, namun akan merasakan sakit saat buang air kecil dan saat sedang melakukan hubungan seksual.

DAMPAK SAKIT HAID

Selain itu, biasanya sakit haid ini akan bersifat progresif pada sepanjang hidup si wanita jika tidak ditangani dengan baik. Penderitaan yang terjadi dengan sifat menahun atau kronis ini bisa menyebabkan munculnya gangguan mental seperti stres, depresi, dan gangguan ekonomi karena teralu banyak dana yang dikeluarkan untuk melakukan pengobatan, selain itu penurunan kualitas hidup akibat karena tidak bisa melakukan aktivitas dengan normal dan tidak jarang bisa memicu terjadinya perceraian akibat dari nyeri senggama yang dirasakan pada wanita dan terjadi dengan progresif.

Oleh karena itulah Anda perlu memiliki atau membuat suatu catatan bulanan haid atau juga kalender haid, karena dengan cara seperti ini maka Anda akan mengetahu berat atau ringannya sakit haid yang Anda rasakan. Dan selain itu juga hal ini akan membantu untuk menentukan pengobatan apa yang bisa dilakukan.

Sakit nyeri saat haid dapat diobati jika penyebab nyeri haidnya diketahui. Pada kelainana posisi rahim, nyeri haid hilang setelah mengandung, setelah penghalang aliran darah haidnya disingkirkan atau penyakit yang menimbulkan nyeri haidnya diatasi. Untuk mengatasi keluhah nyeri haidnya yang penyebabnya belum dikoreksi, dapat diberikan obat analgetika dan hormon pil KB, selain obat golongan NSAID (non-steroid-antiinflamation-drugs).

Dibawah ini merupakan jenis-jenis sakit nyeri saat haid adalah :

Nyeri spasmodic
terasa dibagian perut berawal sebelum masa haid, biasanya ada yang sampai mual, muntah dan pingsan. Dsmenore kongestif mengalami pegal, sakit pada buah dada, perut kembung, merasa lelah, mudah tersinggung, kehilangan keseimbangan, menjadi ceroboh, terganggu tidur, timbul memar dipaha dan lengan atas.

Memilih pembalut yang tepat adalah :

  1. Berdaya serap tinggi
  2. Nyaman dipakai
  3. Tidak berbau (tidak menggunakan parfum)
  4. Pembalut yang terbuat dari bahan yang berkualitas.

Cara menghlangkan sakit nyeri saat haid adalah :

  1. Minum-minuman hangat yang mengandung jalsium
  2. Mengusap perlahan bagian yang sakit
  3. Kompres pada bagian yang sakit dengan botol berisi air hangat
  4. Tarik napas dalam untuk relaksasi.
  5. Cobalah mengambil posisi menunggung
  6. Mandi air hangat
  7. Olahraga yang teratur
  8. Istirahat yang cukup
  9. Pijatan ringan menggunakan telunjuk dengan gerakan melingkar pada perut bagian bawah
  10. Minumlah obat-obatan yang berdasarkan pengawasan dokter.

Dibawah ini merupakan ramuan untuk mengobati sakit nyeri saat haid adalah :

Bahan : dua jari jahe, dua batang serai, dan gula aren.
Cara membuat : jahe dikupas dan dicuci hingga bersih. Sema bahan direbus dalam empat gelas air hingga tersisa dua gelas. Air rebusan disaring dan didinginkan.
Cara memakai adalah : diminum dua kali sehari dengan dosis setengah gelas sekali minum.

Ramuan untuk mengobati sakit nyeri saat haid 2 :
Bahan : dua genggam daun rumput mutiara
Cara membuat : daun rumut mutiara dicuci bersih. Rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, air rebusannya disaring.
Cara memakai : Diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum. Resep ini bisa menyembuhkan myoma, infeksi jamur dan serangan bakteri pada vagina. Namun jika dosisny berlebihan akan menimbulkan rasa haus dan kering dimulut.

 Sakit Nyeri Saat Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Haid and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *