Sakit Nyeri Haid

Sakit nyeri haid biasa disebut dengan dismenore.  Rasa nyeri sering digambarkan sebagai nyeri kram pada abdomen bagian bawah yang terjadi selama haid. Terdapat dua kategori dismenore. Sakit Nyeri Haid atau dismenore primer adalah menstruasi yang nyeru tanpa penyebab yang jelas. Dismenore sekunder terjadi akibat berbagai kondisi patologis seperti endometriosis, salfingitis, atau kelainan duktus Mulleri congenital. Pasien yang mengalami dismenore primer memiliki produksi prostaglandin endometrium yang lebih besar sehingga menyebabkan kontraksi uterus, iskemia uterus, dan nyeri pelvis.  Pada gadis perawan yang mengalami nyeri kram ringan cukup dilakukan pemeriksaan menyeluruh serta inpeksi genitalia untuk menyingkirkan kelainan duktus Muller obstruktif.  Pada pasien yang lebih tua terutama yang mengalami dismenore berat, sebaiknya dilakukan pemeriksaan pelvis menyeluruh.

 Sakit Nyeri Haid

Sakit Nyeri Haid

Pada masalah sakit nyeri haid hitung darah lengkap, laju endap darah, dan kultur  endoserviks terhadap gonore dan klamidia dilakukan untuk mengevaluasi kemungkinan infeksi. Tes kehamilan dilakukan untuk menyingkirkan adanya kehamilan. MRI membantu untuk mendiagnosis kelainan duktus mulleri. Ulrasonografi pelvis bermanfaat pada pemeriksaan yang sulit untuk memperlihatkan anatomi pelvis interna.

SAKIT HAID

Sakit nyeri haid, adalah masalah yang lazim dijumpai. Sering sulit untuk menentukannya sebagai abnormal   karena banyak wanita sehat sampai batas tertentu mengalami rasa tidak enak selama haid. Pada kebanyakan wanita, nyeri ringan seperti kram ini mereda segera setelah keluarnya darah haid.  Nyeri  haid berasal dari kram rahim biasa terjadi selama menstruasi. Nyeri pada perut bagian bawah bisa menjalatr ke punggung bagian bawah dan tungkai. Biasanya nyeri mulai timbul sesaat sebelum atau selama menstruasi, mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam  dan setelah 2 hari akan menghilang. Nyeri haid ini juga sering disertai sakit kepala, mual, sembelit, atau diare, dan sering berkemih, bahkan sampai muntah.

Untuk mengurangi rasa nyeri haid bisa diberikan obat anti peradangan non-steroid (misalnya ibuprofen, asam mafenamat). Obat ini akan efektif jika dimulai minum 2 hari sebelum menstruasi sampai 1-2 menstruasi. Untuk mengatasi mual  dan muntah bisa diberikan obat antimual, tetapi mual dan muntah biasanya menghilang jika kram telah teratasi. Selain dengan obat-obatan, rasa nyeri juga bisa dikurangi dengan istirahat cukup, olahraga teratur (terutama berjalan), orgasme pada aktivitas seksual, kompres hangat  didaerah perut. Jika masih nyeri dan mengganggu kegiatan sehari-hari maka diberikan pil KB dosis  rendah yang mengandung estrogen dan progesterone hal ini  untuk mencegah ovulasi (pelepasan sel telur) dan mengurangi pembentukan prostaglandin yang selanjutnya mengurangi serangan dismenore.

DERAJAT SAKIT HAID

Menurut tingkatan derajat sakit haid, maka sakit haid terbagi menjadi tiga kelompok yakni adalah sakit haid ringan, sakit haid sedang dan sakit haid yang berat. Sakit haid ringan bisa terjadi dan akan hilang dengan sendirinya tanpa melakukan penggunaan obat haid dan cara mengatasinya adalah hanya cukup dengan beristirahat saja, dan hal ini tidak akan mengganggu aktivitas harian Anda. Selain itu juga, sakit haid tidak akan menyebar namun akan berlokasi pada daerah perut bagian bawah.

Sedangkan sakit haid dengan derajat sedang biasanya terjadi jika si wanita merasakan ada sakit haid yang menyebar pada bagian perut bawah dan biasanya hanya memerlukan istirahat dan obat haid untuk menghilangkan rasa sakitnya, kadang derajat sedang dari nyeri haid ini akan mengganggu aktivitas penderita namun tidak sering. Sedangkan untuk sakit haid yang berat, maka penderitanya akan merasakan gangguan haid dengan gejala nyeri dibagian perut bawah dan juga disertai dengan sakit kepala, bahkan bisa menyebabkan diare dan juga muntah.

GANGGUAN HAID

Jika nyeri haid terjadi dengan berlebihan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri Anda ke dokter. Sebaiknya jangan mengabaikan gejala gangguan haid tersebut. Karena gejala haid yang sifatnya ringan bisa saja menjadi salah satu gejala awal dari suatu penyakit yang serius. Misalnya adalah penyakit endometriosis yang paling sering terjadi dan berhubungan dengan suatu kesulitan untuk mempunyai keturunan dan juga mengalami ketidaksuburan.

Selain sakit haid tersebut, yang harus diperhatikan pada gangguan haid adalah sakit kepala atau penyakit migren saat haid sedang datang. Penyebab dari kejadian ini adalah karena faktor psikis atau stres. Pada mereka yang menderita epilepsi biasanya akan sering mengalamibakitan dari kejadian epilepsi yang meningkat disaat siklus haid sedanjg berlangsung. Dan gejala lainnya yang terjadi adalah penyakit asma yang meningkat.

Penyembuhan dengan tanaman berkhasiat obat untuk masalah nyeri haid dapat dilakukan dengan cara dibawah ini :

  1. 30 gram daun dewa segar, 3 ruas kencur, 1 ruas kunyit, 1 ruas temu hitam direbus dengan 700 cc air, hingga tersisa 200 cc. Airnya diminum.
  2. 60 gr temu hitam di cuci bersih. Rebis bersama 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Siap untuk diminum.

 Sakit Nyeri Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Haid and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *