Sakit Haid Pada Wanita

Sakit Haid Pada Wanita – Dismenore atau nyeri haid merupakan salah satu gejala yang wajar ditemui pada seorang wanita saat siklus haid mereka sedang datang. Rata-rata setiap wanita akan merasakan nyeri haid ini, dan hal ini menjadi hal yang normal. Nyeri haid ini bisa terjadi sebelum, sesaat, atau sesudah haid datang. Gejala yang ditunjukkan dari nyeri haid atau dismenore ini adalah menarke, gejala yang terjadi setelah haid pertama kali pada seorang wanita. Dan biasanya gejala ini muncul berkaitan dengan terdapatnya suatu kontraksi yang terjadi di utrus seperti kolik,dan biasanya hal ini terjadi saat menstruasi yang disebabkan karena hormon prostaglandin yang secara alami di produksi di dalam tubuh seorang wanita.

Sakit Haid Pada Wanita

Sakit Haid Pada Wanita

 SAKIT HAID PADA WANITA

Sakit haid pada wanita atau dismenore sekunder biasanya disebabkan karena adanya suatu kelainan yang terdapat di dalam rongga uterus misalnya terjadinya polip, fibroid, obstruksi dari aliran darah haid atau terjadinya gangguan peritoneum pelvis. Kondisi ini muncul jika setelah beberapa tahun Anda mengalami masa haid yang tidak disertai dengan rasa nyeri. Namun, tanpa memperhatikan penyebabnya, biasanya dismenore atau sakit haid pada wanita digambarkan sebagai suatu nyeri intermiten misalnya seperti kram yang disertai dengan keluarnya darah haid.

Sakit haid pada wanita ini diraskaan pada perut bagian bawah dan juga punggung bagian bawah, kadang juga bisa menjalar ke bagian tungkai. Pada kasus nyeri haid atau sakit haid yang berat bisa menyebabkan pingsan karena tidak kuat, mual, serta muntah, dan juga mengalami diare.

Sakit haid pada wanita merupakan salah satu hal yang umum terjadi pada siklus haid menstruasi. Dan sebagian besar wanita yang merasakan sakit haid ini biasanya jarang pergi ke dokter, mereka biasanya mengobati sakit haid menggunakan obat haid yang bebas dijual dan tanpa resep dokter. Penelitian menunjukkan bahwa sebesar 30-70% pada remaja wanita mereka mengobati sakit haid dengan menggunakan obat haid yang membantu menghilangkan sakit haid yang banyak dijual bebas. Tahukah Anda, bahwa hal ini juga akan beres9iko sangat tinggi, apalagi efek samping yang berasal dari obat-obatan tersebut jika digunakan dengan bebas dan berulang tanpa resep dokter. Jika Anda mengalami sakit haid, maka sebaiknya Anda mengganti jenis obat-obatan tersebut dengan menggunakan makanan atau juga suplemen vitamin E, B1, B6 dan juga minyak ikan ataupun golongan mikronutrien seperti salah satunya adalah magnesium, dan kerja zinc untuk membantu mengobati sakit haid.

MENGOBATI SAKIT HAID

Cara mengobati sakit haid pada wanita secara alami :

  1. Vitamin E bisa membantu mengurangi nyeri haid, melalui suatu hambatan pada biosinresis prostaglandin dimana vitamin E ini akan membantu menekan aktivitas yang terjadi pada enzim fosfolipase A dan juga siklooksiggenase lewat penghambatan dari aktivasi post translasi siklooksigenase sehingga akan menghambat produksi dari prostaglandin.
  2. Vitamin B1 dan B6 bisa membantu untuk mengurangi sakit haid dan sudah terbukti uji klinis dimana efek dari vitamin B ini lebih baik dibandingkan plasebo.
  3. Minyak ikan sangat baik dibandingkan plasebo untuk membantu mengurangi nyeri haid, namun masih tetap memerlukan suatu penelitian lebih lanjut untuk bisa direkomendasikan sebagai salah satu alternatif alami untuk bisa membantu mengobati sakit haid.
  4. Magnesium
    magnesium bisa membantu mengurangi sakit haid primer yang terjadi pada wanita. Karena efek langsung dari magnesium yang akan memberikan tekanan pada pembuluh darah dan akan membantu untuk mengatur masuknya kalsium ke dalam sel otot poos di dalam tubuh, sehingga bisa mempengaruhi terjadinya kontraksilitas, tegangan serta relaksasi pada otot polos uterus, namun dosis dari pemberian vitamin ini mempunyai beberapa variasi yang sangat besar juga.
  5. Zinc
    Zinc mempunyai manfaat untuk membantu menghambat terjadinya metabolisme dari prostaglandin di dalam endometrium manusia.

MENGOBATI SAKIT HAID ALAMI

Selain itu, ada cara alami mengatasi sakit haid, yakni adalah dengan menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai salah satu cara mengobati sakit haid adalah :

Daun sirih
Bahan : daun sirih 3 lembar, gambir 1 potong, kunyit 10 gr
Cara membuat : cucilah sampai bersih daun gambir dan daun sirih, kemudian tumbuklah sampai halis dan peraslah airnya sampai mendapatkan ½ gelas. Setelah itu, minumlah ramuan sakit haid ini disaat haid datang dan terasa sakit dan disaat darah haid keluar berlebihan.

Salah satu cara alami yang dilakukan untuk mengatasi sakit haid pada wanita adalah dengan menggunakan Feverfew. Feverfew ini digunakan untuk membantu menghambat terjadinya sintesis hormon prostaglandin yang menjadi penyebab dari rasa sakit haid. Cara kerjanya adalah menghambat. Selain mengobati rasa sakit haid, bisa juga digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat rematik, sakit kepala sebelah atau migraine, dan juga membantu untuk mengatasi dismenore atau sakit haid.

Sakit Haid Pada Wanita

 


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Haid and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *