Sakit Haid Berlebihan

Sakit Haid Berlebihan – Sakit pada waktu haid sebenarnya hal yang biasa, tetapi jika sakitnya berlebihan patut dicurigai adanya tumor atau telah terjadi peradangan di dalam vagina atau rahim. Rasa nyeri yang dialami akan terasa tajam, terkadang disertai dengan keram di bagian bawah perut. Penyebab Sakit Haid Berlebihan belum diketahui secara pasti. Namun diduga karena adanya kontraksi otot rahim yang disebabkan tingginya kadar hormon prostagladin. Selain itu, nyeri haid juga dapat dipicu oleh kondisi psikologis seperti rasa tegang yang berlebihan.

Sakit Haid Berlebihan

Sakit Haid Berlebihan

SAKIT HAID PRIMER

Nyeri haid bisa bersifat primer, kalau keluhan itu sudah ada sejak pertama kali (menarche). Keadaan begini biasanya tidak ada hubungannya dengan kesuburan. Sifat nyerinya mungkin kejang berjangkit-jangkit, terasa di bagian perut bawah yang bisa menjalar ke pinggang dan paha.

Mungkin pula disertai mual dan muntah, serta sakit kepala. Jika hebat, bisa sampai kolik mulas melilit dan tak bisa melakukan aktivitas apapun. Faktor lain penyebab nyeri haid berlebihan dapat pula datang dari pengaruh hormon estrogen dan prostaglandin yang menjadikan rahim sangat mengejang (berkontraksi), selain dapat pula oleh kemungkinan sebab memiliki bakat alergi.

SAKIT HAID NORMAL

Nyeri haid sesaat lazim dialami pula pada saat keluarnya sel telur matang (ovulasi) yakni 14 hari sebelum haid yang bakal datang. Pada saat sel telur menetes dari indung telur bisa terjadi keluhan nyeri tak enak juga.

Penyebab nyeri haid bisa berasal dari 3 sumber yakni :

  1. Jiwa yang labil atau stres
  2. Konstitusi tubuh memang lemah, kurang darah dan mengidap penyakit menahun
  3. Faktor sumbatan pada saluran leher rahim pada kasus dengan posisi rahim kelewat menunduk ke depan (hyperanteflexy) sehingga leher rahim kelewat tertekuk, menjadikan saluran leher rahim tercekik.

Oleh karena leher rahim tempat darah haid mengalir tercekik, maka darah haid tak bisa mapias keluar melewatinya. Tak lampiasnya darah haid mengalir yang menimbulkan keluhan nyeri.

Faktor lain Sakit Haid Berlebihan yang mempengaruhi sakit haid berlebihan adalah :

  1. Pakaian dalam yang ketat dan kondisi badan yang tidak baik serta tekanan yang berlebihan pada tubuh juga menimbulkan menstrusi dengan rasa sakit yang berlebihan.
  2. Marah dan gejolak yang tidak pada tempatnya juga mampu menyebabkan menstruasi dengan rasa sakit yang berlebihan. Oleh karena itu, sebisa mungkin cegahlah kemunculannya.

Sakit haid berlebihan pada wanita merupakan salah satu hal yang normal terjadi dan diakibatkan karena terjadinya kekejangan otot uterus. Selain itu, menstruasi yang terjadi dengan rasa sakit yang hebat pada perut bagian bawah dan juga punggung biasanya terjadi seperti rasa kram dan dikenal dengan istilah kedokterannya adalah dismenore. Frekuensi dari sakit haid ini memang terjadi cukup tinggi dan penyakit ini memang sudah lama sekali dikenal, namun hingga saat ini progtogenesisnya belum bisa dipecahkan dengan lebih memuaskan.

PROSES SIKLUS HAID

Disaat siklus haid sedang berlangsung, maka sel-sel endometrium yang mengalami pengelupasan akan melepaskan prstaglandin yang pada akhirnya akan megakibatkan iskemia pada uterus melalui kontraksi miometrium dan juga vasokonstriksi. Dan terjadinya peningkatan pada kadar prostaglandin sudah terbukti ditemukan di dalam cairan haid pada wanita dengan kasus dismenore yang berat. Kadar ini memang mengalami peningkatan yang terjadi selama dua hari pertama proses menstruasi sedang berlangsung. Sakit haid berlebihan yang terjadi membuat penderitanya menjadi harus beristirahat dan meninggalkan pekerjaan mereka. Kasus sakit haid yang primer juga biasa disebut sebagai nyeri haid yang sejajti, instrinsik, esensial, fungsional, dan juga timbul sejak menarche atau menstruasi pertama kali terjadi, dan biasanya terjadi di bulan-bulan atau juga tahun pertama haid. Biasanya sakit haid terjadi pada usia antara 15-25 tahun dan akan hiilang di usia 20-an atau awal 30 an dan tidak dijumpai adanya suatu kelainan pada alat kandungan. Sedangkan sakit haid berlebihan yang sifatnya sekunder terjadi dimulai pada ujsia dewasa, dan akan menyerang wanita yang awalnya terbebas dari sakit haid. Salah satu penyebab sakit haid ini adalah karena gangguan yang terjadi pada endometriosis, peradangan pada panggul, dan tumor kandungan serta yang lain sebagainya.

Sakit haid berlebihan yang terjadi pada wanita biasanya tergantung dari hubungan antara susunan saraf pusat, khususnya adalah pada talamus dan juga pada korteks. Derajat dari penderitaan yang dialami oleh wanita akibat rasa nyeri haid yang tergantun dari latar belakang si penderita. Pada kasus gangguan haid berlebihan, maka biasanya sakit haid akan hilang setelah menikah dan setelah melahirkan, dan hal ini akan membawa suatu bentuk perubahan fisiologik pada area genital ataupun juga perubahan fisik yang terjadi.

Cara mengatasi gangguan haid dengan tradisional adalah :
Bahan : umbi pisang kepok 1 kepal, garam 3 sendok makan
Cara membuat : parutlah umbi pisang kapok, kemudian diremas menggunakan garam, seteah itu saringlah sampai lembut. Dan minumlah ramuan ini sebanyak 2 sdm dan diminum 2 x 1 dalam sehari.

Sakit Haid Berlebihan


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Haid and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>